All for Joomla All for Webmasters

Paket wisata Banyuwangi desa Kemiren

Alasan dan latar belakang pemilihan unit usaha :

Sebagian besar masyarakat using di Banyuwangi sekarang ini bermukim di 9 kecamatan dari 24 kecamatan di Banyuwangi. Kecamatan – kecaatan tersebut adalah Banyuwangi (Kota), Giri, Kabat, Rogojampi, Songgon, Singonjuruh, Cluring, Glagah, Kalipuro. Desa – desa yang berada di kecamatan yang sudah di sebut menjadi kantong-kantong kebudayaan using karena tetap mempertahankan budaya, adat istiadat dan seni tradisional. Komunitas desa adat using yang masih bertahan hingga saat di Bayuwangi ini ada 14. Diantara komunitas desa adat tersebut komunitas desa Kemiren di Kecamatan Glagah dianggap sebagai salah satu yang paling teguh menjalankan tradisi using yang telah diturunkan oleh leluhurnya.Tak heran bila pada tahun 1995 Gubernur jawa timur Basofi Sudirman menetapkan desa ini sebagai Desa wisata adat using.

layanan-paket-wisata-banyuwangi-desa-kemirenDewasa ini Desa Kemiren menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi para wisatawan domestik maupun manca negara  yang berkunjung ke Kota Banyuwangi. Desa kemiren memiliki banyak potensi, kami selaku pemuda Desa berinisiatif mengembangkan potensi tersebut. Wisata adat Salah satu pengembangan wisata alternatif dalam dunia kepariwisataan adalah desa wisata yang biasanya didasarkan atas potensi dan ciri khas yang dimiliki masing-masing desa, antara lain flora, fauna, rumah adat, pemandangan alam, iklim, makanan tradisional, karajinan tangan, seni tradisional dan sebagainya. Pengelolaan aset-aset wisata tersebut harus didukung oleh keberadaan desa adat dan komunitas pendukungnya. Bertolak dari pemikiran tersebut maka posisi desa adat dan komunitasnya sangat penting,tak hanya sebagai upaya menjadikan magnet bagi kedatangan wisatawan namun terutama bagi pelestarian budaya setempat, yang menjadi penyunsun kebudayaan nasional.

paket-wisata-desa-kemirenPemuda Desa Kemiren dibawah naungan BUMDES berinisiatif membuat paket wisata yang ditawarkan ke agent travel maupun ke wisatawan langsung yang hendak  berkunjung ke kota yang berjuluk Sunrise Of Java. Kami menawarkan paket wisata kuliner tradisional, belajar budaya adat using dan seni tradisional Banyuwangi. Paket wisata kuliner tradisional menyediakan makanan khas suku using untuk makanan ringanya seperti tape buntut, ketot, lepet, gedang goreng endog, kucur dan tidak lupa kopi jaran goyang  kopi  hasil produksi pemuda Desa Kemiren. Untuk makanan beratnya kami menyediakan pecel pitik, uyah asem, rujak soto, kokoh kelor dsb. Kami juga memfasilitasi wisatawan yang ingin menyaksikan tarian gandrung, jaran goyang, pawai arak-arakan barong. Wisatawan juga bisa menyaksikan dan melakukan sangrai kopi secara tradisional. Semua paket wisata yang kami tawarkan ini atas persetujuan BUMDES Desa Kemiren, 40 % dari hasil laba akan kami serahkan ke BUMDES, kami sisihkan 10% untuk fakir miskin dan yatim piatu, untuk 50 % nya kami serahkan ke POKDARWIS Desa Kemiren.

img-20180307-wa0009brosure-paket-wisata-1-april-2018