All for Joomla All for Webmasters

DESA WISATA ADAT OSING KEMIREN SUKSES MENDAPAT JUARA 2 DALAM AJANG DESA WISATA AWARD 2021 KATEGORI WISATA BERBASIS BUDAYA

Desa Wisata Adat Osing Kemiren yang merupakan salah satu desa wisata yang ikut ambil bagian dalam ajang Desa Wisata Award 2021 sukses meraih juara 2 dalam kategori wisata budaya, juara 1 diberikan kepada Karangturi, Lasem Jawa Tengah dan juara 3 diraih oleh Aneuk laot Aceh. Kompetisi ini diikuti oleh hampir seluruh desa wisata se Indonesia dan diselenggarakan oleh BCA dengan tujuan mendukung wisata yang berkualitas di Indonesia serta mendukung pengembangan wisata dikala pandemi covid-19 ini. Program ini juga didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata Indonesia dengan harapan akan berdampak baik pada  perekonomian masyarakat terutama dari sektor wisata serta dapat mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan. Selain itu, ajang ini juga bertujuan untuk mempromosikan kawasan objek wisata dengan menonjolkan keunggulan atau daya tarik berbagai objek wisata dan mendorong BUMDES, Pokdarwis, dan pemerintah desa untuk bersinergi dengan berbagai elemen dan pemangku kepentingan pariwisata untuk menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif.

BCA Desa Wisata Award dibagi menjadi beberapa kategori desa wisata, antara lain: desa wisata berbasis kreatif, desa wisata berbasis digital, desa wisata berbasis alam, dan desa wisata berbasis budaya. Kriteria penilaian dalam kompetisi ini adalah mengacu pada People, Planet dan Profit yang dibagi menjadi 2 kriteria dalam proposal yaitu inovasi dan improvement, serta 4 kriteria dalam self assessment (penilaian sendiri) yaitu destinasi wisata, pemasaran wisata, industri wisata, serta pengelolaan dan pembiayaan wisata (SDM).  Adanya pengembangan berkelanjutan yang dimiliki oleh Desa Wisata Kemiren seperti, pengembangan kawasan wisata alam dan budaya, kesejahteraan masyarakat, pengelolaan desa, inovasi pengembangan wisata agar lebih dikenal, dan peningkatan ekonomi masyarakat menjadikan Desa Wisata Kemiren sukses meraih penghargaan juara 2 dalam kategori Desa Wisata Berbasis Budaya. Dalam kompetisi kali ini, materi yang disampaikan mengenai β€œImprovement Revitalisasi Rumah Adat Osing Sebagai Upaya Pelestarian dan Pengenalan Filosofis Arsitektur Osing Kepada Wisatawan”. 

Berbagai atraksi sebagai daya tarik wisata juga rutin dilakukan seperti atraksi Barong Kemiren dan Gandrung Banyuwangi, Mocoan Lontar Yusuf (pembacaan naska Yusuf) yang dilakukan setiap hari rabu dan malam kamis, festival tahunan seperti Barong Ider Bumi dan Tumpeng Sewu yang bertujuan untuk mengusir bencana atau dijauhkan dari bencana, festival Ngopi Sepuluh Ewu Cangkir atau sepuluh ribu dan festival Gedhogan (musik tradisional).  Untuk mendukung pengembangan wisata Desa Wisata Kemiren, pemerintah, masyarakat serta stakeholder lain telah membangun berbagai sarana dan prasarana pendukung seperti  homestay, hotel, pasar, warung, serta menawarkan berbagai paket wisata yang menarik seperti edukasi memasak, edukasi sangrai kopi tradisional, edukasi membajak sawah, membatik, edukasi menari dan musik tradisional.  Dalam kompetisi yang dia ini, materi yang disampaikan mengenai Improvement Revitalisasi Rumah Adat Osing Sebagai Upaya Pelestarian dan Pengenalan Filosofis Arsitektur Osing Kepada Wisatawan. 

Keindahan alam maupun budaya Desa Kemiren yang masih terjaga dinilai pantas untuk mendapatkan juara atau prestasi dalam ajang BCA Award ini. Hadiah yang diberikan oleh BCA Desa Wisata Award sebesar Rp50.000.000,00 akan dialokasikan untuk pendampingan dan infrastruktur yang berkelanjutan. Dengan adanya pencapaian baru ini, maka Desa Kemiren mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak, seperti akademisi, praktisi, pemerintah dan terutama segenap masyarakat osing di kabupaten Banyuwangi yang telah menjaga budaya osing di Desa Kemiren. Dengan ini diharapkan akan menjadi langkah awal untuk kebaikan Desa Kemiren, serta menjadi kebanggaan generasi muda akan budaya osing di Desa Kemiren. 

Adapun Desa Wisata yang sukses mendapatkan juara dalam ajang BCA Desa Wisata Award 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Kategori alam:

Juara 1 Taro – Bali

Juara 2 Bilebante – NTB

Juara 3 Nadulang – Pemalang – Jawa Tengah

  1. Kategori Budaya:

Juara 1 Karangturi – Lasem – Jawa Tengah

Juara 2 Osing Kemiren – Jawa Timur

Juara 3 Aneklaut – Aceh

  1. Kategori Kreatif:

Juara 1 Ngrombo Sukoharjo Jawa Tengah

Juara 2 Pagak Banjarnegara Jawa Tengah

Juara 3 Semen Jawa Timur

  1. Kategori Digital:

Juara terbaik Desa Kemuning Karanganyar Jawa Tengah

Leave A Comment